Desain Rumah Minimalis

Miliki Koleksi Gambar Desain Rumah Minimalis Modern.

Menu
Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Mempercantik Rumah Mungil dengan Vertical Garden

10 November 2017 | Dekorasi Rumah, Desain Rumah

Tips Mempercantik Rumah Mungil dengan Vertical Garden – Bertempat tinggal dalam sebuah rumah yang ukurannya mini itu adalah tantangan tersendiri untuk Anda! Anda harus siap dengan segala tantangan yang terjadi, bila berkaitan dengan desain rumah. Baik itu dari segi eksteriornya, ataupun di bagian interiornya.

Tips Mempercantik Rumah Mungil dengan Vertical Garden

Anda harus lebih pandai dalam menyusun komposisi ruangan dengan baik. Mengingat tempat penyimpanan di area yang mini itu sudah pasti sangat terbatas sekali. Sehingga, rasanya menciptakan nuansa hijau di area ini sangat sulit sekali. Padahal, hunian dan area yang hijau yang dimasukkan ke dalam rumah itu bisa berguna sekali untuk menyegarkan pikiran dan mata Anda.

Baca juga: Tips Mendekorasi Interior Rumah Mini agar Lebih Menarik

Trik Membuat Vertical Garden

Namun untungnya, sekarang ini sudah ada vertical garden! Sehingga, semua permasalahan seputar penghijauan yang dilakukan di rumah dengan lahan yang sempit dan mini sudah bisa diatasi dengan mudah. Seperti apakah cara untuk membuat garden dengan peletakkan vertical ini? Yuk simak trik berikut ini!

Tempat Media Tanam

Sebelum Anda menyiapkan sebuah tempat untuk vertical garden, sebaiknya pikirkan dulu wadah yang digunakan untuk media tanam untuk tanaman Anda nanti. Wadah inilah yang nantinya akan berguna dan berfungsi sebagai elemen terpenting dari pembuatan kebun vertikal ini. Karena prosesnya di lahan yang sangat terbatas, maka dari itulah sebaiknya pilih pot yang tepat untuk wadah media tanamnya.

Lagi TREND !!!!!! Baca : Desain Ruang Makan

Meskipun sebenarnya ada banyak bahan material yang bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk media tanam ini. Namun Anda harus bisa menyesuaikannya tergantung pada keinginan dan selera Anda. Bisa dengan memakai kayu, pipa paralon, dan besi yang lama tidak digunakan.

Pilih Tanaman Hijaunya!

Jika wadah untuk media tanamnya sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pilih saja tanaman apa yang nanti akan Anda tanam di area kebun ini. Karena Anda akan membuat vertical garden, maka sebaiknya pilih tanaman yang proses perawatannya harus benar-benar mudah!

Sebaiknya, pilih saja tanaman yang memiliki batang yang lunak dan memiliki akar serabut. Sehingga, proses perawatannya dan penanamannya juga mudah. Beberapa tanaman yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut: philo garden, tanaman walisongo atau schefflera green, bambu Jepang, kalatea, dan monstera.

Lokasinya!

Pembuatan kebun vertikal ini sebenarnya bisa Anda aplikasikan ke dalam ruang rumah ataupun di luar ruangan di rumah. Namun idealnya, Anda bisa membuatnya di bagian luar ruangan rumah dengan ukuran sebesar 10 m2 sampai dengan 20 m2. Sedangkan bila Anda ingin menciptakannya di dalam ruangan di rumah, sebaiknya buat saja dengan ukuran sebesar 80 cm sampai dengan 90 cm, dengan ukuran tinggi paling besar sebanyak 2 m.

Siapkan Media Tanamnya!

Bila tanaman yang akan ditanam sudah Anda tentukan, selanjutnya lokasi pembuatannya juga sudah ditentukan, maka tugas Anda selanjutnya adalah menyiapkan media tanamnya. Media ini bisa berupa pupuk kandang, campuran tanah, dan juga sekam. Media ini cukup baik untuk menutrisi tanaman pada vertical garden Anda.

Namun, Anda bisa juga memakai media tanam yang lain, seperti serabut kelapa atau coco peat. Sehingga, tanaman tidak akan pernah kekurangan air. Karena media ini bisa berguna sekali untuk menyimpan air.

Lakukan Perawatan dengan Baik!

Sesudah semuanya Anda lakukan sampai selesai, maka perhatikan dari segi proses perawatannya! Agar tanaman dalam vertical garden milik Anda bisa tumbuh dengan subur, sebaiknya berikan pupuk setiap 2 bulan sekali. Sedangkan penyiramannya bisa Anda lakukan selama 2x dalam 1 hari.


Related For Tips Mempercantik Rumah Mungil dengan Vertical Garden

Kategori

DMCA Protection

DMCA.com Protection Status