Desain Rumah Minimalis

Miliki Koleksi Gambar Desain Rumah Minimalis Modern.

Menu
Tunggu, sedang memuat. . .

Struktur Lapisan Teknologi Atap Rumah Hijau

29 December 2017 | Atap Rumah

Struktur Lapisan Teknologi Atap Rumah Hijau – Berbicara tentang teknologi atap rumah hijau, sudah pasti ini akan membuat Anda sekalian penasaran, bukan? Nah, agar lebih memahami tentang pemakaian teknologi ini ke dalam atap rumah, sebaiknya pahami dulu seputar struktur dan lapisan yang digunakan dalam atap rumah hijau ini terlebih dahulu. Sehingga, Anda tahu apakah atap ini cocok bila diterapkan ke dalam rumah Anda!

Baca juga: Cara Membuat Kamar Seindah Desain Kamar Hotel

Struktur dan Lapisan Atap Rumah Hijau

Secara umum, sebenarnya teknologi atap rumah hijau ini tersusuna tas 3 lapisan utama. Yaitu ada lapisan tanaman, lapisan penyaring, dan yang terakhir adalah bagian atap dasar. Jadi, lapisan tanaman itu adalah lapisan yang teratas dan tersusun atas banyak vegetasi dan juga media tanam. Lapisan ini dirancang khusus berdasarkan jenis yang dipilih oleh pemilik rumah.

Teknologi Atap Rumah Hijau

Atap rumah yang intensif ini merupakan lapisan teratas. Lapisan ini meliputi paving dan bisa pula dari bahan yang lain yang dipakai untuk jalan setapak. Agar bisa menghasilkan air dari hasil saringan yang jauh lebih bersih, maka bisa juga memanfaatkan pasir sungai yang teksturnya kasar dan ditaruh tepat di bagian bawah lapisan dari media tanam.

Lagi TREND !!!!!! Baca : Desain Ruang Makan

Lapisan penyaring disini berguna sekali untuk mengubah air hujan menjaid air tahan. Selain itu, lapisan ini juga berguna sekali untuk membatasi permukaan atap terhadap tanaman. Sederhananya adalah, lapisan ini sebenarnya tersusuna tas drainase atau saluran air dan juga membran pembatas yang berguna untuk pencegah terhadap serapan air yang masuk ke dalam lapisan ata.

Tepat di atas dari saluran drainase ini umumnya ditambahkan sebuah lapisan penyaring berupa kain khusus yang berasal dari geotekstil. Dengan cara inilah air yang masuk ke dalam drainase ini nanti akan menjadi lebih bersih. Karena, lapisan drainase ini sudah dirancang khusus dan diproduksi, sehingga Anda tinggal memasangnya berdasarkan ukuran dan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, tepat di bawah drainase itu sendiri terdapat sebuah lapisan atap yang terusun atas pelapis anti air, insulator, dan juga atap. Insulator dan juga lapisan anti air ini berguna sebagai pelindung atap terhadap rembesan. Lapisan insulator disini berguna sebagai lapisan utama yang dapat melindungi dan juga membatasi bagian atap dengan adanya lapisan penyaring.

Insulator ini terdiri atas lapisan aspal yang sudah dimodifikasi dan juga karet sintetis. Setelah itu, lapisan ini makin diperkuat dengan adanya lapisan PVC. Insulator disini bisa berupa sebuah spon khusus yang dilapisi dengan PVC. Di bawahnya lagi terdapat sebuah lapisan yang anti air atau disebut juga dengan water block. Sedangkan untuk lapisan atapnya ini adalah berupa atap beton dan kadang ada juga yang berupa dek kayu dan metal.

Di samping beberapa lapisan itu, teknologi atap rumah hijau ini sudah ada saluran yang berguna untuk mengalirkan air yang sudah disaring. Proses pembuatannya sangat mudah. Cukup siapkan celah untuk pipa yang dihubungkan dengan layer drainase. Atap ini bisa berupa miring ataupun datar.

Cara Perawatan Atap Rumah Hijau

Sebenarnya, teknologi atap rumah hijau ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Anda hanya akan melakukan perawatan khusus yang lebih rutin jika Anda menggunakan atap yang intensif supaya tampilan tamannya tetap terjaga keindahannya. Namun, pastikan agar Anda tidak menginjak atapnya, supaya lapisan drainasenya tidak rusak. Sehingga, atap rumah tetap indah dan cantik.


Related For Struktur Lapisan Teknologi Atap Rumah Hijau

Kategori

DMCA Protection

DMCA.com Protection Status