Desain Rumah Minimalis

Miliki Koleksi Gambar Desain Rumah Minimalis Modern.

Menu
Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Merawat Karpet Rumah Selalu Bersih

29 January 2018 | Tips Rumah

Cara Merawat Karpet Rumah Selalu Bersih – Banyak sekali item-item yang dapat menambah nilai estetika ruangan. Mulai dari furniture, tanaman, kabinet, tangga dan lainnya. Bahkan penggunaan karpet dapat mempengaruhi nilai estetika. Karpet merupakan salah satu perlengkapan rumah yang digunakan sebagai alas agar tubuh tidak terkena dinginnya lantai. Anggota keluarga sering sekali menghabiskan waktu untuk menonton TV, bermain dan kegiatan lain. Kegiatan tersebut dilakukan pada area karpet. Sehingga karpet perlu di rawat agar lebih nyaman ketika digunakan lesehan.

Baca juga: DIY Cara Membuat Gantungan Baju dari Pipa

Karpet biasanya menjadi sarang bakteri dan kuman. Letakkan nya yang berada di bawah, menyebabkan karpet mudah terkena debu dan kotoran. Apalagi jika menggunakan alas kaki seperti sepatu atau sandal, pasti akan meninggalkan noda pada karpet. Dalam merawat karpet perlu penanganan khusus. Terlihat susah dan ribet tapi sebenarnya mudah.

Cara Merawat Karpet Rumah Selalu Bersih

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara yang tepat dan mudah dalam merawat serta menjaga kebersihan karpet, cara-cara di bawah ini dikutip dari Times of India. Yuks Simak……..

Penempatan karpet

Masih ingat dengan kata-kata “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Nah, kata-kata tersebut patut untuk diterapkan dalam memilih karpet. Jangan membiarkan karpet terpapar banyak kuman. Oleh karena itu, letakkan karpet dibagian rumah yang jarang dilewati orang. Hindari meletakkan karpet di tempat yang biasa dilalui atau dijadikan tempat semua aktivitas. Selain itu, jangan meletakkan karpet didekat rak sepatu. Karena dapat memberikan ruang pada kuman dan bakteri ke karpet. Letakkan saja karpet di ruang tamu, ruang kerja atau kamar tidur.

Lagi TREND !!!!!! Baca : Desain Ruang Makan

Jangan injak dengan sepatu

Lepas sepatu sebelum memasuki rumah. Letakkan rak sepatu di luar rumah. Jadi ketika masuk rumah, secara terbiasa akan melepaskan alas kaki dan meletakkan sepatu di rak. Menggunakan sandal di dalam rumah apalagi sampai menginjak karpet dapat membuat kumpan menempel dan mengendap pada karpet.

Pasang keset

Selain meletakkan rak di luar rumah. Anda juga perlu memasang keset di depan pintu masuk. Pemasangan karpet ini dapat mencegah kuman lebih banyak. tapi, jangan menaruh keset di setiap pintu. Taruk saja di depan pintu masuk rumah, pintu dapur, dan pintu kamar mandi. Jangan lupa untuk mencuci keset secara rutin.

Membersihkan noda

Jangan gosok noda pada karpet karena hanya akan membuat noda menyebar lebih lebar Hindari menggosok noda pada karpet. Hal ini justru dapat membuat noda menyebar lebih luas dan merusak bahan karpet. Untuk menghilangkan noda pada karpet, sobat bisa menggunakan mesin steamer. Cukup mengarahkan steam panas pada bagian yang bernoda. Nantinya, uap panas yang keluar dapat melunakan noda sehingga lebih mudah membersihkan. Cara ini hanya bisa dilakukan pada noda yang baru. Untuk noda lama bisa dibersihkan dengan bantuan laundry.

Cuci secara rutin

Lakukan pencucian secara rutin, minimal dua kali setahun. Untuk pengeringan yang sempurna, cucilah karpet saat musim panas. Jangan membiarkan karpet dalam keadaan gelap, karena dapat mempermudah bakteri bersarang.

Pertolongan Pertama pada Noda Karpet

Ketika tumpahan minuman atau makanan mengenai karpet, segera bersihkan agar tidak menjadi noda membandel. Gunakan bahan alami, seperti air garam, jus lemon, atau air yang dicampur cuka. Bahan tersebut dapat membantu menghilangkan noda membandel.

Formula Lembut

Untuk menghindari kerusakan karpet, gunakan cairan pembersih alami atau yang formulanya lembut. Untuk noda yang membandel, gunakan pembersih dengan formula yang keras.

Vakum

Persihkan karpet di akhir hari, ketika semua aktivitas dilakukan. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk perawatan harian.


Related For Cara Merawat Karpet Rumah Selalu Bersih

Kategori

DMCA Protection

DMCA.com Protection Status