Desain Rumah Minimalis

Miliki Koleksi Gambar Desain Rumah Minimalis Modern.

Menu
Tunggu, sedang memuat. . .

Ingin Membuat Finishing Kayu Olahan Bisa Terlindungi? Ini Solusinya!

7 February 2019 | Furniture, Tips Rumah

Ingin Membuat Finishing Kayu Olahan Bisa Terlindungi? Ini Solusinya – Tidak hanya sekedar kayu solid saja yang harus menggunakan finishing kayu saja, namun ternyata hal ini juga berlaku sama untuk kayu olahan. Kayu olahan juga harus difinishing dengan benar agar lebih awet dan tahan lama. kayu olahan, seperti MDF, multipleks, dan juga particle board ini kerap digunakan untuk bahan baku utama dalam pembuatan kitchen set, furniture, dan juga elemen bangunan yang lainnya, seperti kusen dan pintu rumah.

Cara Melindungi Finishing Kayu Olahan Transparan

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk melindungi finishing kayu olahan yang berbentuk transparan, antara lain:

Baca Juga: Dijamin Interior Rumah Unik Ini Akan Membuat Semua Orang Di Rumah Begini..

Melamik

Finishing yang satu ini cocok sekali untuk interior rumah karena bisa memberikan hasil akhir yang terlihat rapi dan mewah. Melamik yang dimanfaatkan menggunakan teknik spray ini bisa membuat pori-pori kayu olahan menjadi tertutup dengan sempurna.

Hanya saja, finishing ini biasanya menghasilkan bau yang menyengat. Dengan begitu, dibutuhkan sebuah bukaan yang cukup untuk membuat sirkulasi udaranya menjadi lebih lancar. Dengan begitu, baunya tidak akan tertahan di ruangan.

Natural wax

Bila Anda menyukai tampilan kayu yang alami, maka Anda bisa memilih natural wax ini. Umumnya, natural wax ini berbentuk pasta, dimana kekentalannya diformulasikan secara khusus untuk membuat warna dan serat kayu menjadi lebih bertahan.

Lagi TREND !!!!!! Baca : Desain Ruang Makan

finishing kayu

Beda sekali dengan melamik. karena untuk finishing kayu yang satu ini tidak akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, karena berasal dari bahan yang non toxic. Meskipun sayangnya, finishing yang satu ini punya tingkat kehalusan yang sangat tinggi. Dengan begitu, tidak mampu memberikan perlindungan yang baik untuk kayu olahan.

Finishing Semi Transparan

Yan gsatu ini merupakan salah satu jenis pelapis yang bisa menghasilkan tampilan yang clear finish. yaitu, finishing berbentuk semi transparan. Biasanya pelapis ini berbentuk water based lacquer. Finishing yang satu ini hampir seperti pernis. karena berbahan dasar dari air, sehingga kandungan kimia didalamnya lebih ramah lingkungan dan juga tidak mudah terbakar begitu saja.

Cara Melindungi Finishing Kayu Olahan Non Transparan

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk melindungi finishing kayu olahan yang berbentuk non transparan, antara lain:

Cat Duco

Finishing kayu yang satu ini tidak hanya sekedar membuat pesona kayu olahan menjadi lebih meningkat. Namun, finishing ini bisa membuat material dasarnya lebih kokoh dan lebih kuat. Efek warna solid yang dihasilkannya inilah bisa menutup serat kayu yang tidak sempurna karena timbul. Ada beberapa warna cat pilihan yang bisa membuat tampilannya menjadi lebih mewah dan elegan pada permukaan kayu.

Veneer

Meskipun tidak dapat memberikan efek yang clear finish, namun veneer bisa menghasilkan tampilan kayu yang lebih alami. karena finishingnya berasal dari serat kayu yang asli. Namun sayangnya, harga pelapis ini sangat mahal dari pada finishing dari non transparan yang lain. Disamping itu, lapisan ini juga cukup tipis. Sehingga, hal ini membuat proses pengelemannya harus dikerjakan dengan hati-hati agar lapisannya tidak sampai rusak.

Tacon

Pelapis ini berasal dari plastik yang ketebalannya kurang dari 1 mm. Pelapis ini cukup fleksibel. Dengan begitu, pelapis ini mudah sekali dalam mengikuti bentuk dan juga kelengkungan furniturenya. Tacon punya tekstur seperti kayu, hanya saja finishingnya membuatnya mudah pudar dan terlihat tidak alami. Maka dari itulah, finishing kayu ini bisa mengurangi keindahan estetikanya.


Related For Ingin Membuat Finishing Kayu Olahan Bisa Terlindungi? Ini Solusinya!

Kategori

DMCA Protection

DMCA.com Protection Status