Desain Rumah Minimalis

Miliki Koleksi Gambar Desain Rumah Minimalis Modern.

Menu
Tunggu, sedang memuat. . .

Yang Ngaku Pecinta Tanaman, Coba Dulu Media Tanam Hidroponik Ini!

12 February 2019 | Desain Taman, Tips Rumah

Yang Ngaku Pecinta Tanaman, Coba Dulu Media Tanam Hidroponik Ini – Baru-baru ini media tanam hidroponik sedang disukai oleh semua orang, khususnya untuk mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Sistem bertanam ini hanya mengandalkan air untuk menjadi tenaga utamanya dalam memberikan hiburan tersendiri saat sibuk bekerja dan penat oleh keramaian di perkotaan. Rahasia yang membuat sistem hidroponi disukai oleh semua orang adalah karena metode ini sangat mudah perawatannya.

Macam-Macam Media Tanam Hidroponik

Bila umumnya yang dipakai untuk media tanam adalah tanah, kini untuk metode sistem hidroponik tidak memakai tanah. Media yang dipakai adalah beberapa bahan berikut ini untuk menopang akar tanaman dan membuat pertumbuhan tanaman makin lancar:

Sekam Bakar

Media tanam yang satu ini mampu menyimpan air, oksigen, dan nutrisinya dengan baik. Selain itu, sistem drainasenya juga sangat baik, sehingga media ini mampu menjaga kelembaban dengan baik. Sekam bakar dari sekam padi yang telah dibakar ini sangat ringan dan tidak akan membebani akar tanaman. Sifat padi yang poros menjadikan akar dapat tumbuh lebih leluasa didalamnya.

Baca Juga: Ini Jadinya Bila Rumahmu Ada Taman Kering Seperti Ini, Dijamin Hilang..

Selain itu, media tanam ini juga bebas hama dan bebas dari bibir penyakit karena sudah disterilisasi lewat pembakaran. Hanya saja, sayangnya sekam bakar ini mudah lapuk. Selain itu, Anda tidak bisa memakainya ke dalam 2x penanaman.

Rockwool

Rockwool ini adalah sekumpulan serat sehingga membentuk sebuah busa. Rockwool berasal dari lelehan batu gunung berapi, misalnya saja seperti batu basalt yang sangat ramah lingkungan.

Media tanam yang satu ini cocok sekali dipakai untuk menanam sayur dengan jangka waktu tanam yang tidak begitu lama.

Cocopeat atau Sabut Kelapa

Sabut kelapa ini juga termasuk salah satu media tanam hidroponik yang sangat terkenal. Karena, media tanam ini punya daya serap yang sangat baik, sehingga media ini bisa menyimpan air yang banyak dengan daya tampung yang kuat untuk tanaman yang lainnya.

Lagi TREND !!!!!! Baca : Desain Ruang Makan

Tak hanya itu saja, sabut kelapa juga punya beberapa kandungan nutrisi yang lainnya yang dibutuhkan oleh tanaman, seperti fosfor, magnesium, kalium, kalsium, dan natrium yang membuatnya sayang untuk dilewatkan. Hanya saja, sayangnya media ini tidak dapat mengalirkan air dengan baik. Sehingga, ketersediaan oksigen tidak maksimal dan air menjadi tidak dapat tersebar dengan baik.

Kerikil

Batu kerikil ini juga bisa menjadi media tanam hidroponik karena media ini dapat membantu peredaran udara dan unsur hara dengan baik. Sehingga, pertumbuhan akar dapat berjalan dengan baik.

Itu karena kerikil punya pori-pori yang ukurannya besar dan banyak. Sehingga, meskipun mudah sekali basah, namun kerikil sangat mudah sekali kering. Jadi, Anda harus lebih sering menyiramnya.

Spons

Siapa sangka bila ternyata spons yang biasa dipakai untuk mencuci piring bisa digunakan pula sebagai media tanam? Kemampuannya yang dapat menyerap air dengan sangat baik ini membuatnya cocok dijadikan sebagai media tanam. Strukturnya memang kurang kuat, sehingga membuatnya mudah hancur. Maka dari itulah, spons tidak disarankan dipakai untuk media tanam untuk tanaman yang butuh waktu tumbuh dan waktu panen yang lama.

Karena spons tidak dapat bertahan lama. Maka dari itulah, sebaiknya sesuaikan kebutuhan media tanam hidroponik ini sesuai dengan tanaman yang ingin Anda tanam. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pilihan yang paling tepat untuk Anda.


Related For Yang Ngaku Pecinta Tanaman, Coba Dulu Media Tanam Hidroponik Ini!

Kategori

DMCA Protection

DMCA.com Protection Status