5 Desain Mushola Mungil di Teras Belakang Rumah

Sebagai seorang muslim harus memikirkan desain rumah sebaik mungkin. Sholat lima waktu sebagai ibadah yang wajib dilaksanakan dan membutuhkan kekhusyukan. Maka dari itu, ada beberapa orang yang memilih untuk membuat mushola mungil di teras belakang rumah nya.

Negara Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beraga islam, sehingga keberadaan ruang sholat di rumah maupun di tempat umum adalah hal yang sangat vital.

Apakah anda sedang mempertimbangkan untuk membuat mushola? Desain interior mushola mungil di teras belakang rumah memberikan inspirasi terbaik untuk desain rumah yang sedang diidamkan. Tentunya akan kurang ketika rumah tidak dilengkapi dengan ruangan khusus digunakan beribadah. Walaupun rumah anda kecil, anda dapat membuat beberapa ruangan di rumah anda.

Berikut desain mushola mungil yang berada di teras belakang rumah sebagai referensi anda.

 

Desain mushola mungil material alami

Mushola mungil dengan material alami biasanya menggunakan bahan kayu atau bambu. Mushola alami selain akan membuat ibadah anda lebih khusuk, mushola ini juga memberikan kesan tradisional. Walaupun begitu, keduanya tidak menghilangkan konsep modern minimalis yang begitu familiar.

Gambar 1 desain mushola mungil

Jika ukuran ruangan bukan menjadi penghalang, anda bisa membagi sebagian ruangan di teras rumah menjadi ruang sholat dan tempat wudhu. Sehingga tidak perlu jauh jauh untuk mengambil air wudhu ketika hendak sholat. Untuk memperindah ruangan, anda bisa meletakkan batuan berwarna putih di bawah keren, sehingga senada dengan konsep alami.

Namanya juga mushola mungil, berarti hanya digunakan oleh anggota keluarga atau tamu ketika berkunjung sehingga mushola ini tidak luas. Desain yang sederhana dan mungil diberi aksen hiasan kaligrafi di salah satu dindingnya membuat ruangan ibadah semakin adem.

 

Desain mushola mungil nuansa gold di teras belakang

Ketika anda tidak mempunyai ruangan yang cukup, anda bisa menggunakan teras belakang rumah untuk mushola mungil modern. Dengan memanfaatkan ruang yang seadanya, tetapi tidak meninggalkan kesan elegan. Desain ini menjadi ciri khas rumah ibadah karpet yang menjaga kesucian tempat sholat dari kotoran yang mungkin menempel di lantai. Sehingga anda bisa beribadah dengan lebih tenang ketika menerapkan konsep desain ini.

Gambar 2 mushola mungil nuansa krem gold

Anda bisa menerapkan warna yang senada pada mushola agar memberikan kesan elegan yang mewah. Dengan memadukan warna gold dan warna putih yang menghasilkan mushola tampak teduh. Oleh karena itu, Tak heran bahwa mushola bernuansa gold banyak disukai banyak orang.

 

Desain mushola di dekat teras belakang

Apakah anda memiliki lahan di dekat teras belakang? Jika iya, anda bisa mempertimbangkan untuk membuat mushola mungil di dekat teras belakang rumah. Nuansa segar dan pemandangan di luar rumah akan membuat anda merasa betah ketika beribadah.

Gambar 3 desain mushola mungil di teras belakang

Anda bisa menambahkan beberapa batasan dengan kesan semi outdoor agar tidak terlalu kelihatan di luar. Batasi mushola mungil tersebut dengan beberapa rak buku atau almari yang ada di teras belakang rumah agar menciptakan kesan di dalam ruangan. Atau bisa menambahkan pintu kaca supaya bisa melihat pemandangan yang ada diluar.

 

Desain mushola minimalis konsep terbuka

Desain ruangan konsep terbuka memang dikenal ampuh untuk mengatasi ruangan sempit menjadi terasa luas dan lapang. Hal ini menjadi alasan mengapa rumah minimalis kebanyakan menggunakan konsep desain terbuka. Anda bisa memanfaatkan ruang terbuka di teras belakang rumah dijadikan tempat beribadah.

Mushola tidak harus berada dalam desain tertutup, anda bisa menempatkan ruangan ibadah di bagian teras belakang rumah yang dekat dengan halaman. Tidak perlu bingung memikirkan hal hal yang dapat membuat mushola terasa sejuk karena angin leluasa masuk.

Jangan lupa untuk menambahkan karpet dan sajadah di bagian lantai mushola, selain itu tempatkan juga alamari atau cabinet gantung untuk menempatkan peralatan sholat agar tidak mudah kotoe ketika tidak digunakan.

 

Desain mushola di sudut teras belakang

Anda bisa memanfaatkan area sudut teras belakang rumah yang tidak terpakai dijadikan tempat beribadah. Agar semakin menarik, anda bisa mengganti lantainya dengan keramik model klasik atau modern. Desain ini sangat cocok buat anda yang memiliki keterbatasan ruang.

Itulah tadi beberapa ide desain mushola mungil di teras rumah.